Selasa, 04 November 2014

YUK, JADI GURU MATEMATIKA YANG MELEK TEKNOLOGI

Dengan semakin berkembangnya zaman, otomatis teknologi informasi pun berkembang dengan pesat, karena teknologi informasi dan komunikasi berkembang seiiring berkembanganya ilmu pengetahuan yang ada pada diri manusia. Jika tidak mengupgrade pengetahuan, terlebih sebagai seorang pendidik. Kita justru akan tertinggal jauh , bahkan akan dikalahkan oleh peserta didik kita sendiri.

Tuntunan zaman pun megharuskan kita sebagai seorang pendidik, untuk selalu terbuka terhadap hal baru. Terlebih dengan baru digantinya kurikulum pendidikan, yang sebelumnya berbentuk KTSP digantikan oleh Kurikulum 2013. Yang dimana kurikulum baru tersebut menuntut guru untuk bisa dan mampu mengoperasikan perangkat TIK, karena pada dasarnya, pembelajaran di kelas berbasis IT. Selain itu, pengajaran tidak lagi berpusat kepada guru, tapi peserta didiklah yang mencari solusi dari sebuah permasalahan. Sehingga, sebagai seorang guru, mau tidak mau harus mencari metode pengajaran yang berbeda dari sebelumnya. Karena menciptakan metode pengajaran yang menyenangkan di dalam kelas adalah sebuah keharusan, sehingga apa yang ingin disampaikan kepada peserta didik, tersampaikan dengan baik, sehingga ketuntasan belajar di dalam kelas tercapai dengan maksimal.

 Salah satu cara yang dapat kita lakukan sebagai seorang guru untuk mencari metode pengajaran yang menyenangkan adalah memanfaatkan perkembangan teknologi, dan sharing bersama teman sejawat, terutama sesama guru matematika. Hal ini sangat penting, terlebih dengan perubahan kurikulum yang sekarang. Dengan tuntutan yang begitu banyak, terkadang membuat guru matematika seperti saya sedikit "galau".

Oleh karena itu, kegiatan bertukar pengalaman tentang pemanfaatan serta penggunaan IT secara maksimal, sangat penting untuk mempebaharui pengetahuan kita sebagai guru, khususnya guru matematika seperti saya. Yang pada dasarnya, kita sebagai guru matematika sangat jarang menggunakan IT untuk memecahkan sebuah permasalahan atau soal matematika. Karena pengalaman saya pribadi, ketika memecahkan masalah atau soal matematika, masih selalu menggunakan cara konvensional. Padahal, untuk jaman sekarang, kita dituntut untuk berpikir cepat serta tepat.


         *Suasana sharring dengan teman-teman guru matematika, tentang penggunaan IT untuk memecahkan permasalahan matematika*


Dan kegalauan saya, sebagai guru matematika ketika menghadapi perubahan kurikulum sedikit terobati, dengan bantuan dari pemerintah. Ketika mengadakan acara sharring pengalaman dari orang-orang yang lebih berkompeten dibidangnya. Yang selama ini, lebih dulu memanfaatkan IT, dalam proses mengajar di kelas. 

*Sharring pengalaman dengan Bapak Zaenudin, ketua MGMP Matematika*

 Sharring pengalaman dengan Bapak To`ali, pengarang buku Matematika*

Dan dari pengalaman sharring dengan teman-teman dan orang-orang yang pakar dibidangnya tersebut, saya pribadi mendapatkan banyak sekali pelajaran. Khususnya tentang perangkat lunak yang bisa membantu dan mempermudah khususnya untuk guru matematika. Yang jika selama ini, masih menggunakan cara konvensional. Yang pengajaran masih berpusat kepada papan tulis dan spidol jika di dalam kelas.

 Karena ternyata, banyak sekali bertebaran program-program yang dapat mempermudah kita sebagai guru matematika untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Baik yang dapat kita unduh secara gratis di internet atau pun program yang berbayar. Yang tentu saja, program-program tersebut sangat membantu saya pribadi sebagai guru matematika. *Aduh, kemana saja saya selama ini*

*Salah satu pemanfaatan IT, untuk mengambar bangun ruang berdimensi tiga*


  *Salah satu pembuktian pemanfaatan IT*


Tidak bisa dipungkiri, pemanfaatan teknologi seperti ini, adalah sebuah tuntutan yang harus dikuasi oleh guru atau tenaga pendidik pada zaman sekarang. Yang segala sesuatu, bahkan di dalam kelas, untuk semua jenis pembelajaran bukan hanya pada mata pelajaran matematika, sudah berbasis IT. Oleh karena itu, sebagai seorang guru mari kita sama-sama terus belajar. Bukan saja peserta didik kita yang dituntut untuk belajar. Kita sebagai pendidk pun harus terus belajar mengembangkan diri, terutama di era yang dimana dunia pendidikan yang sudah berbasis IT seperti saat ini.

*Suasana belajar di dalam kelas*

*Antusiesme peserta didik di dalam kelas*


Jadilah guru yang tidak menutup mata terhadap perkembangan zaman, terhadap perkembangan teknologi. Karena proses belajar di zaman kita, sangat jauh berbeda dengan proses belajar peserta didik kita di zaman sekarang. Jika dulu, guru mempunyai otoritas penuh di dalam kelas. Namun sekarang, guru dan murid harus sama-sama saling bekerja sama. Karena proses pembelajaran akan berhasil apabila ada kerja sama antara guru dan peserta didiknya.
            
Khusus untuk guru matematika, terutama saya pribadi, ayo kita terus memperbaharui pengetahuan. Menjadi guru atau pendidik yang melek teknologi, sangat dituntut di zaman sekarang. Karena hal itu sangat membantu dalam menyiapkan perangkat pembelajaran demi ketercapaian ketuntasan belajar peserta didik seperti yang kita harapkan.


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Guru Blogger Inspiratif 2014

Sumber : FB Indonesia Terdidik TIK    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar